Iklan Banner Atas

Mengenal Fungsi Tombol Dashboard Blogger

Ungkapan tak kenal maka tak sayang berlaku pula bagi seorang blogger. Ibarat rumah baru, tanpa mengetahui seluk beluk rumah, rasanya akan terasa asing sepanjang hidup. Olehnya itu, penting hukumnya mengetahui bagian-bagian dari blogspot.

Setelah berhasil membuat blog. Tampilan utama yang akan disuguhkan kepada kita setiap kali login adalah tampilan dasbor. Pada pembahasan ini, artikel akan dibagi menjadi dua bagian. Tampilan dasbor secara umum dan tampilan dasbor per akun blogspot.

Nah, Setelah kita login ke blogger, kita akan diarahkan ke menu pos, di panel kiri kita bisa melihat terdapat juga menu - menu lain yaitu Post, Statistik, Komentar, Kampanye, Laman, Tata Letak, Tema, Setelan, Daftar Bacaan, dan Bantuan. Lalu apa fungsi masing - masin menu tersebut? berikut ini ulasannya..

A. Post

Di menu post ini pastinya kita sudah tahu merupakan  menu yang berfungsi untuk kita membuat sebuah postingan atau artikel. Ada 2 menu yaitu Semua dan Diterbitkan. Menu Semua berisi list semua artikel kita baik yang sudah diterbitkan atau yang merupakan draf/belum diterbitkan. Kalau di menu Diterbitkan merupakan list artikel yang hanya sudah diterbitkan saja. 

Kita juga bisa menghapus, mengedit dan berbagi postingan yang ada di list. Tidak hanya membuat postingan, di menu ini kita juga bisa membuat label baru dengan cara memilih postingan yang akan diberi label, lalu klik simbol label di bilah menu atas dan klik label baru.

B. Statistik

Di blogger kita bisa melihat statistik penayangan blog kita di menu statistik. Dengan begini kita bisa tahu perkembangan blog kita dan artikel mana saja serta kata kunci apa saja yang hits di blog kita. Kita juga bisa melihat sumber lalu lintas yang datang ke blog kita, pemirsa dari negara mana saja yang melihat dan lain sebagainya. Data ini akan berguna untuk kita sebagai acuan untuk penulisan artikel berikutnya.

D. Kampanye

Keuntungan dari blogger yang lain adalah kita bisa mengiklankan blog kita di mesin pencari google secara lebih mudah dan simple. Cukup dengan mengklik menu kampanye dan klik mulai sekarang dan selanjutnya isi berbagai macam formnya maka iklan blog kita akan mampang di laman pencari google. Tetapi perlu diingat ini tidak gratis alias harus membayar. Tetapi jika memang anda punya dana lebih kampanye ini akan menguntungkan sekali dan mendongkrak posisi blog serta eksistensi blog anda.

E. Laman

Menu laman ini hampir sama fungsinya dengan menu pos, akan tetapi bedanya laman ini ditunjukan untuk tulisan - tulisan tertentu misalnya kebijakan, tentang blog, contac, privasi, dll. Nah ini yang kadang orang lain salah dalam menulis laman tetang kebijakan misalnya. Masih ada yang menulisnya di menu post padahal itu kurang tepat.

F. Tata Letak

 Di menu tata letak ini kita bisa mengedit tampilan blog kita, juga kita bisa menambah widget,  mengubah judul, mengatur banyak postingan di laman utama blog, format tampilan di postingan, memasang kode iklan adsense, mengganti favicon, dll.

G. Tema


Di menu ini kita bisa mengubah tema blog kita, caranya cukup mudah bisa baca aritkel ini : Cara mengganti template di blog Atau anda juga bisa mengedit html atau menyesuaikan tema dengan designer mudah blogger (Sesusaikan).

H. Setelan

Menu setelah ini merupakan menu yang sangat penting dan perlu anda perhatikan, di sub menu setelah atau setting ini ada menu lagi yaitu :

1. Dasar
Di menu dasar ini kita bisa mengedit judul, deskripsi privasi, alamat blog, alamat penelusuran serta protokol yang dipakai http/https. Nah tipsnya pastikan deskripsi blog anda terisi jika tidak, klik edit lalu isikan deskripsi blog. Ini berguna untuk meningkatkan nilai SEO blog anda. Selanjutnya, jika memang blog anda menggunakan domain standar (.blogspot.com) sebaiknya gunakan protokol https karena lebih aman, selain itu cara ini juga bisa meningkatkan pula seo blog anda.

2. Post, Komentar dan Berbagi
Menu ini berisi settingan kebijakan post, siapa saja yang dapat berkomentar dan siapa saja yang bisa berbagi di blog anda.

3. Email
Menu email ini merupakan setelah untuk email seperti notifikasi komentar ke email, kita juga bisa mempublikasikan artikel melalui email dengna cara mengaktifkannya di menu mempublikasikan entri menggunakan email.

4. Bahasa dan Pemformatan
Merupakan setingan bahsa blog dan zona waktu.

5. Preferensi Penelusuran
Berisi settingan untuk perayapan mesin pencari, anda harus berhati - hati dengan menu ini, tetapi di menu tag meta deskripsinya usahakan isi (boleh sama dengan deksripsi blog).

6. Lainnya
Berisi tentang backup blog, penghapusan blog, settingan umpan situs, open id, kategori konten, dan juga yang paling penting adalah setingan google analytics masukan id google analytics anda disini.

7. Setelan Pengguna
Berisi pengaturan dasar blog seperti profil pengguna, bahasa dan notifikasi email.

I. Daftar Bacaan

Berisikan arikel - aritkel terpilih dari blogger, ini bisa anda jadikan refernsi menulis aritkel juga.

J. Bantuan

Terakhir menu bantuan, akan membantu anda jika anda menemukan kendala.

Sekian penjelasan kali ini tentang menu-menu di blogger atau Mengelola Dashboard Blogger. Jika ada yang kurang paham dari penjelasan di atas, aanda bisa bertanya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Fungsi Tombol Dashboard Blogger"

Posting Komentar

Sopan dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel